Friday, September 26, 2008

Jkt oh Jkt..

Gue seneng deh kuliah di ITB. Temen2 gue tuh berasal dari seluruh penjuru Indonesia.
Dari yang batak totok sampe yang ngomongnya medok.Hahaha.
Gila, logat-logat aneh bertebaran di setiap sudut kampus.
Apalagi sebagai anak Jakarta, gue udah kaya nggak punya identitas. Mana pernah gw ngomong pake bahasa Betawi? "Eh, kemaren ye, aye baru makan soto di pengkolan. Ebuset, enak benerr!" . Siapa jugaaa yang bisa diajak ngomong dengan gaya seperti itu?
Trs kalo temen2 gw ngomongin makanan khas dari daerahnya, gw cuma bisa ngangguk2 dan bilang,"iya,gue jg pernah makan. Enak!". Misalnya kemarin pas praktikum Fisdas, si Ike dan Yogi ngomongin ttg bolu gulung Meranti. Gue cuma bisa bilang," iya, enak banget. Lembut gitu, tapi katanya pake minyak b*b* ya?"
Udah. Gue ga bisa nimpalin pembicaraan dgn makanan khas di Jakarta.

Apa sih yang khas? Kerak telor, soto Betawi.. Kalo mau jujur, aduhh itu sih ngga nge-trend di Jakarta. Gue aja jarang makan. Menurut gw, makanan-minuman khas di Jakarta tuh J.co, Burger King, Starbucks which is di setiap kota di Indonesia juga ada!
Obyek wisata di Jakarta tuh PIM, Citos, Sency..
Bener kan? Coba, mana pernah gue, sbg org Jakarta, refreshing ke Kebun Binatang Ragunan?
Ckckck.
Jakarta kan ibarat kuali adukan, semua suku bangsa numplek jadi satu .plek.. plek..
Tapi kok bukannya semakin kaya, malah jadi mati budayanya begini sih? Seakan-akan ga punya identitas.
Apa ini identitas orang Jakarta,
bicara dengan logat campur aduk ga keruan-ato biasa disebut dgn bahasa gaul- dan bergaya hidup ala anak mall?

No comments: